Dalam menjalankan promosi sebuah produk baik melalui media cetak maupun media elektronik perusahaan akan bersaing dalam membuat tagline yang efektif dan menarik. Karena kesuksesan tagline adalah kunci untuk meningkatkan brand awareness atau pengetahuan konsumen mengenai suatu brand produk dari perusahaan tersebut.
Jika pesan dari tagline sebuah brand sudah melekat di hati para konsumennya, maka akan dengan mudah perusahaan mempengaruhi perilaku konsumennya dalam melakukan keputusan pembelian sehingga dapat meningkatkan volume penjualan perusahaan tersebut.
Tagline yang efektif adalah tagline yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengomunikasikan titik pembeda dari pesaingnya. Contohnya, jika kamu mendengar, "Semakin di Depan", menunjukan brand apakah tagline tersebut? Ya benar, produk sepeda motor Yamaha, bukan produk yang lain.
Lalu, bagaimana cara membuat tagline yang efektif sehingga suatu tagline mudah diingat dan memiliki keunikan tersendiri? Simak ulasannya di bawah ini.
brand ambassador yang berfungsi sebagai duta merek penyampai informasi produk dalam program-program pemasarannya, tagline juga digunakan oleh perusahaan untuk memberikan kesan dalam benak konsumen akan produknya. Adapun fungsi tagline yang lainnya adalah sebagai berikut:: 1. Sebagai Familiarity (Keakraban) Fungsi pertama tagline adalah sebagai keakraban antara produk dengan konsumennya sehingga produk tersebut mudah diingat dan mudah dikenali ketika ditayangkan di telivisi dan media periklanan lainnya. 2. Sebagai Differentiation (Perbedaan) Tagline memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri sehingga akan mampu membedakan antara produk yang satu dengan produk pesaing lainnya. 3. Sebagai Message of Value (Pesan dan Nilai) Produk yang ditayangkan pada suatu iklan tentu memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan iklan itu sendiri. Nah, tagline di sini berfungsi untuk memberikan efek pesan iklan sehingga dapat menarik perhatian dan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang bersangkutan. Tips Membuat Tagline yang Efektif
Tagline yang efektif adalah yang mampu meningkatkan brand awareness konsumen, sesuai dengan tujuan iklan untuk mengenalkan produk. Berikut ini adalah tips cara membuat tagline yang efektif:
Contoh-contoh Tagline Pada Brand yang SuksesTagline yang sukses adalah tagline yang memiliki kualitas tertentu yang membuatnya dapat bekerja secara efektif bagi sebuah merek produk. Kualitas tersebut membuat tagline mudah dikenali dan diingat konsumen dan menjadikannya abadi. Untuk mendapatkan inspirasi dalam membuatnya, berikut ini contoh-contoh tagline adalah:
Itulah ulasan mengenai tagline, fungsi, manfaat, dan tips membuat tagline yang efektif. Suatu perusahaan membuat tagline dengan tujuan agar kampanye iklan dan pesan yang terkandung di dalamnya dapat memberikan kesan yang mendalam sehingga mudah diingat oleh konsumen. Kesan yang timbul dari para konsumen ini diharapkan mampu meningkatkan sikap keputusan membeli dalam diri konsumen. |
Post a Comment for "Apa itu Tagline? Ini Cara Membuat Tagline yang Efektif dan Contohnya"